10 Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Menunda (bagian 2)

stop menunda pekerjaan

Artikel ini adalah bagian ke-dua dari dua bagian. Bagian pertama dapat anda lihat disini. Oke, jangan tunda lagi! Hal berikutnya yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasi penundaan pekerjaan adalah…

6. Singkirkan Gangguan
Matikan TV, Facebook, Blackberry, computer game, apapun yang membuat konsentrasi terganggu. Bila perlu, katakan pada orang di sekitar anda bahwa anda tidak mau diganggu.

7. Sesuaikan Target, Ga Usah Muluk-Muluk
Seorang perfeksionis seperti saya akan sangat berat mengatasi kebiasaan menunda. Mengharapkan kesempurnaan dalam segala hal, dan berpikir bahwa semua harus dikerjakan sesuai dengan cara tertentu, akan menambah susah kita mengalahkan kebiasaan menunda. Bila ingin menunggu sampai kita bisa melakukan semuanya dengan sempurna, maka itu tak akan pernah tercapai. Tidak ada seorangpun yang sempurna. Yang penting sekarang adalah, kerjakan sebaik mungkin. Do your best.

8. Just Do It
Inilah sebabnya saya suka gambar diatas, iklan sepatu Nike yang mengatakan ‘Just Do It’. Tiap kali anda ingin mengatakan ‘Nanti’ atau ‘Lain kali’, ingat pesan ini. Pada saat anda sudah memulainya, anda akan punya motivasi untuk terus mengerjakannya hingga tuntas.

9. Ingat Tujuan Anda Melakukan Ini
Mungkin pekerjaan yang anda lakukan adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan, remeh, sulit, tidak nyaman dll. Tetapi, pikirkan seseorang yang anda kasihi misalnya istri, anak, orang tua, atau siapapun yang bakal menikmati, atau bangga bila anda berhasil. Berpikir bahwa anda melakukannya untuk mereka, akan menambah motivasi anda untuk terus berjalan.

10. Coret Daftar dan Beri Penghargaan Diri Anda
Setelah anda selesaikan satu item dalam daftar target anda, coretlah atau tandai bahwa anda sudah berhasil menyelesaikannya. Ini akan memberi konfirmasi pada diri anda bahwa anda telah mencapai target, dan bahwa anda sedang bergerak menuju sasaran. Jangan lupa berikan penghargaan pada diri anda setelah tugas selesai, tapi jangan mengambil hadiah itu bila memang anda belum menyelesaikannya.

Well, semoga berguna. Terus terang, setelah menyelesaikan tulisan ini, saya sendiri jadi semangat. Semoga anda juga. Salam,
Teddy Siswanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*