10 Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Menunda (bagian 1)

Tips mengatasi kebiasaan menunda

Saya harus mengakui bahwa saya ini seorang penunda. Apa yang harus kita lakukan, dan apa yang ingin kita lakukan, memang sungguh sangat berbeda. Bila saya renungkan, akhir-akhir ini, kebiasaan menunda inilah yang merupakan dosa besar saya. Dengan menunda pekerjaan, maka pekerjaan penting tidak terselesaikan. Akibatnya saya selalu mengerjakannya hingga detik-detik terakhir. Ini selalu membuat saya stress. Semakin hal ini terjadi berulang-ulang, maka semakin stress-lah saya.

Mungkin ini bukan hanya penyakit saya, melainkan banyak orang lain juga menderita hal yang sama. Oleh sebab itu, saya ingin memberikan 10 tips ini untuk siapapun yang mempunyai masalah kebiasaan menunda ini, agar bisa membantu dalam berperang melawan ‘dosa besar’ ini.

1. Membuat Daftar (To-Do list)
Menuliskan tugas pada sehelai kertas, buku notes, komputer, iPad, atau apapun dimana kita melihatnya setiap saat, akan lebih membantu daripada sekedar mengingatnya. Buat daftar, mana yang harus diprioritaskan, dan butuh waktu berapa lama. Tidak usah banyak-banyak. Sediakan waktu juga untuk sesuatu tak terduga yang kadang muncul.

2. Memecah Pekerjaan Menjadi Lebih Kecil
Membagi sebuah pekerjaan besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil bisa membuatnya lebih terorganisasi dengan baik. Kerjakan tugas setahap demi setahap, sekecil apapun, selesaikan satu per satu.

3. Buat Short Term Deadline
Membuat target jangka pendek untuk dicapai setiap saat, merupakan ide yang baik daripada mengerjakan tugas yang panjang dan melelahkan. Supaya tidak terlalu stress, lakukan istirahat sebentar setelah tiap bagian selesai.

4. Beritahu Seseorang
Kadang kita suka butuh seseorang untuk membantu kita tetap pada jalurnya. Dengan memberitahukan pada orang yang dapat dipercaya, misalnya istri, atau teman baik, bahwa “Saya akan menyelesaikannya,” akan memberi tambahan motivasi, karena kita tidak ingin dia melihat kita gagal.

5. Visualisasikan Keberhasilan Anda
Bayangkan anda berhasil menyelesaikan target anda. Bagaimana lega rasanya beban terlepas dari pundak anda. Fokus pada hasil akhirnya, bukan pada prosesnya.

Masih belum cukup juga? Masih ada lagi kok, lihat lebih banyak lagi di Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda di bagian kedua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*