WordPress Plugins for Beginners

icon wordpress plug-inOn June 22nd 2008, I had the opportunity to bring a presentation in a group of Internet marketers in Surabaya. The material of my presentation basically can be found in this blog. It’s about Installing WordPress and some SEO setting on it, and also a brief introduction about paid blogging.

The event was really meant for beginners even though some pros were there too. Related to WordPress for beginners, these are WordPress plug-ins that basically you need. I use these plug-ins everytime I install WordPress for the first time.

Ini adalah 3 plug-in basic yang selalu saya pakai. 1 plugin untuk penangkal spam, 2 untuk SEO. Mari kita bahas satu per satu.

Akismet
Akismet is a standard WordPress plug in that already included in WordPress installation package. It protects your WordPress against comment spam.

Saya mempunyai sebuah blog WordPress yang tidak terurus. Sejak pertama kali saya install, langsung saya tinggalkan. Hanya ada satu posting yaitu posting standard WordPress (Hello World). Hingga sekarang, tiap hari saya menerima sekitar 10 comment spam yang masuk ke email saya (karena saya set pemberitahuan lewat e-mail setiap ada comment).

Bila anda memilih untuk tidak menerima comment maka plugin Akismet tidak diperlukan.

Catatan :
Untuk mengaktifkan Akismet, Anda perlu meg-input-kan WordPress API key. WordPress API key adalah 12 digit kode yang didapatkan dengan cara sign-up account di WordPress.com. Anda tidak harus membuat blog di WordPress.com, dengan membuat account saja anda sudah bisa mendapatkan API key ini.

All in One SEO Pack

all in one SEO pack
Sesuai dengan namanya, plug-in ini gunanya untuk meng-SEO-kan situs kita.  Dengan plug-in ini kita bisa meng-costumize format judul blog, judul artikel, judul halaman dll agar lebih ‘search engine friendly’.

Antara lain inilah yang ‘diperbuat’ oleh plug-in ini :

  • Secara otomatis meng-optimize judul yang ditampilkan SE. Dalam hal ini merubah tampilan standard WordPress (Nama Blog >> Judul Post) menjadi (Judul Post | Nama Blog).
  • Men-generate META tags secara otomatis.
  • Dapat memberikan custom description yang ditampilkan search engine, bukan diambil dari kalimat awal posting.
  • Memberikan kemampuan untuk menambah keyword pada setiap post.
  • Menghindari duplicate content yang disebabkan oleh stuktur standard WordPress.
  • Tweaking single post maupun single page.

Basically, related to SEO, this is the important WordPress plugin you should use on your WordPress blogs.

Google XML Sitemaps

XML sitemap generator
Meskipun namanya mengandung kata ‘Google’, namun plugin Google XML Sitemap ini juga berfungsi untuk  memudahkan search engine lainnya (Yahoo, MSN search, Ask) untuk meng-index halaman-halaman web kita secara lebih lengkap.

Cara kerjanya adalah dengan mambuat file sitemap dalam situs kita yang berfungsi untuk ‘memandu’ robot/crawler Search Engine dalam mengindex halaman-halaman yang ada dalam situs.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*